Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tanaman buah, Pengertian, ciri-ciri, pengelompokan, jenis dan budidaya Tanaman buah

 

Tanaman buah

  Sebagai negara beriklim tropis indonesia di kenal sebagai rumah bagi berbagai jenis buah-buahan exotis, keaneka ragaman jenis buah ini tidak di dukung oleh produksi dan pembudidayaan tanaman buah yang memadai, khususnya bagi tanaman buah tahunan yang berumur panjang seperti durian, mangga, apel, jeruk dan lain-lain.

 Hal ini membuat Indonesia Harus mengimpor buah-buahan dari negara tetangga untuk memenuhi kebutuhan akan buah di Indonesia, Kalau di lihat-lihat negara kita memiliki posisi yang strategis, memiliki tanah yang subur dan kaya dengan zat hara, seharusnya Indonesia bisa memenuhi kebutuhan buahnya sendiri tampa melakukan import dari negara lain.

 Apabila Indonesia dapat memenuhi kebutuhan buah tampa melakukan import tentu saja hal ini akan meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup para petani buah, untuk mewujudkan ha tersebut tentu saja petani harus mengetahui cara pemeliharaan dan pembudidayaan yang baik dan benar untuk meningkatkan jumlah produksi buah.

 Nah sebelum kita membahas tentang budidaya tanaman buah lebih jauh yuk pahami dulu Pengertian tanaman buah, pengelompokan tanaman buah dan jenis-jenis buah berdasarkan pengelompokannya.

Pengertian Tanaman Buah

Tanaman Buah (Pomologi / Fruti Kultur) adalah segala jenis tanaman penghasil buah-buahan baik itu tanaman semusim dan tanaman tahunan yang buahnya dapat di konsumsi oleh hewan dan manusia. biasanya buah buahan tinggi akan kandungan air, serat, vitamin dan mineral.

Klasifikasi dan Pengelompokan Tanaman Buah

 Tanaman buah di klasifikasikan menjadi 3 golongan yaitu berdasarkan umur, berdasarkan tipe pertumbuhan dan Klimaterik dan Non Klimaterik. berikut ini penjelasannya.

1. Golongan tanaman buah berdasarkan umur

  Tanaman buah memiliki usia tanam yang berbeda-beda untuk setiap jenisnya, secara umum ada 2 kelompok tanaman buah-buahan yang dapat di bedakan berdasarkan umur/usia tanam yaitu tanaman Semusim dan tanaman tahunan berikut ini penjeasannya.

    A. Tanaman buah semusim

Pengertian tanaman semusim

 Tanaman semusim merupakan jenis tanaman yang biasanya memiliki umur/musim tanam hanya dalam tempo atau jangka waktu yang relatif singkat atau bisa di bilang semusim berkisar antara 3-4 bulan, bisa di panen sekali ataupun berkali-kali sampai umur/musim tanamnya habis.

Contoh tanaman buah semusim

  • Semangka
  • Melon
  • Labu
  • Strawberry

    B. Tanaman buah tahunan

Pengertian tanaman buah tahunan

 Tanaman tahunan adalah kelompok tanaman yang memiliki Umur/masa tanam yang relatif lama tahunan bahkan ada pula yang puluhan tahun, buahnya bisa di panen berkali-kali selama periode/masa tanamnya.

Contoh tanaman buah tahunan

  • salak
  • apel
  • anggur
  • jambu
  • rambutan
  • manggis
  • durian
  • mangga

    C. Tanaman buah menengah

Pengertian tanaman buah menengah

 Tanaman menengah adalah keompok tanaman yang memiliki umur/usia tanama yang tidak terlalu panjang dan juga tidak terlalu pendek, biasanya jenis tanaman menengah ini dapat berbuah kurang dari setahun setelah di tanam dan harus di remajakan setelah 3-4 tahun masa tanam.

Contoh tanaman buah menengah

  • Pepaya
  • Nanas
  • Pisang

2. Golongan tanaman buah berdasarkan tipe pertumbuhan

 Setiap tanaman khususnya tanaman buah memiliki tipe pertumbuhan yang berbeda-beda, secara umum ada 3 tipe pertumbuhan yang di ketahui yaitu tipe buah-buahan pohon, buah buahan semak dan buah-buahan terna atau berbatang basah berikut ini penjelasannya

    A. Buah-buahan pohon

 Pengertian buah-buahan pohon

Buah buahan pohon adalah jenis buah-buahan yang di hasilkan dari tanaman yang tumbuh berbentuk pohon, tanaman pohon sendiri memiliki ciri batang yang keras dan berkayu yang terdiri dari berbagai bagian utama seperti akar, batang, cabang dan daun.

Beberapa contoh buah buahan pohon

  • Mangga
  • Jerukuku
  • Durian
  • Rambutan
  • Manggis

    B. Buah-buhan semak

Pengertian buah-buahan semak

 Buah-buahan semak adalah kelompok buah-buahan yang di hasilkan oleh tanaman semak, tanaman semak memiliki ciri tumbuh rendah, dekat dengan tanah dan tidak memiliki batang tegak.

beberapa contoh buah-buahan dari tanaman semak 

  • salak
  • nanas

    C. Buah-buahan terna atau berbatang basah

Pengertian buah-buahan terna atau berbatang basah

Buah-buahan terna adalah kelompok buah-buahan yang di hasilkan oleh tanaman yang berbatang basah, tanaman berbatang basah sendiri adalah tumbuhan yang batangnya lunak karena tak membentuk kayu.

berikut ini contoh buah-buahan dari tanaman terna atau berbatang lunak:

  • pisang
  • papaya

    D. Buah-buahan tanaman rambat

Pengertian buah-buahan tanaman rambat

 Buah-buahan tanaman rambat adalah kelompok buah-buahan yang di hasilkan oleh tanaman dengan batang yang tumbuh merambat dan biasanya melilit penopangnya.

Berikut ini beberapa contoh tanaman buah merambat

  • semangka
  • melon
  • markisa

3. Golongan tanaman Buah-buahan Klimaterik dan Non Klimaterik

  Klimaterik dan Non Klimaterik adalah istilah yang di gunakan untuk menggambarkan pola respirasi yang terjadi pada buah, bisa di bilang istilah Klimaterik dan Non Klimaterik di gunakan untuk menentukan apakah buah-buahan tertentu mengalami proses pematangan kemudian ke proses pembusukan setelah di petik atau langsung ke proses pembusukan setelah di petik, berikut ini penjelasannya

    A. Buah Klimaterik

Pengertian buah Klimaterik

 Buah Klimaterik adalah jenis buah-buahan yang tidak langsung mengalami proses pembusukan setelah di petik melainkan mengalami proses pematangan dahulu baru setelah itu mengalami proses pembusukan.

Berikut ini beberapa contoh buah Klimaterik

  • pisang
  • mangga
  • apel
  • avokad
  • pepaya
  • tomat

    B. Buah Non Klimaterik

 Pengertian buah Non Klimaterik

 Buah non Klimaterik adalah buah yang tidak mengalami proses pematangan pematangan setelah di petik melainkan langsung mengalami proses pembusukan

Berikut ini beberapa contoh buah non Klimaterik

  • jeruk
  • nanas
  • duku
  • durian
  • rambutan

Jenis-jenis tanaman buah berdasarkan kelompok lengkap dengan penjelasannya

 Setelah mengetahui pengertian dari tanaman buah, ciri-ciri dan klasifikasinya yuk kita lanjut membahas jenis-jenis tanaman buah berdasarkan keompoknya

 Note: disini admin akan fokus membahas golongan buah berdasarkan umur/masa tanamnya karena admin rasa golongan buah berdasarkan umur/usia tanam cukup untuk mewakili golongan tanaman buah yang lainnya.

Golongan tanaman buah berdasarkan umur

Tanaman buah semusim

    1. Semangka (Citrullus lanatus)

Tanaman buah

 Buah semangka merupakan salah satu buah musiman yang sangat populer di Indonesia, buah yang tinggi akan kandungan air ini biasanya di budidayakan saat musim hujan,

 Hal ini bukannya tampa alasan buah semangka di budidayakan ketika musim hujan agar bisa panen di saat musim panas karena biasanya tingkat konsumsi buah semangka akan sangat tinggi ketika musim panas.

 buah semangka biasanya di konsumsi langsung dalam keadaan segar biasanya di olah juga menjadi jus biji dari buah semangka juga bisa di konsumsi dengan cara di sangrai dan di makan isinya atau yang lebih di kenal dengan sebutan kuaci.

 tanaman semangka termasuk ke daam suku ketimun-timunan, selayaknya suku ketimun-timunan lainnya semangka tumbuh dengan batang yang merambat namun tidak membentuk akar adventif dan tidak memanjat dan bisa merambat sampai belasan meter

 Tanaman semangka memiliki ciri daun yang meliuk-liuk pada bagia pinggirnya, memiiki bunga sempurna dengan diameter 3cm berwarna kuning, tanaman semangka memiliki 2 jenis bunga yaitu bunga jantan dan bunga banci,bushnys memiliki kulit yang keras dengan warna dominan hijau dengan garis-garis hijau gelap dengan daging buah berair dan biasanya berwarna merah atau kuning.

    2. Melon (Cucumis melo L.)

Tanaman buah

 melon merupakan Tanaman semusim yang tumbuh merambat, melon sendiri termasuk ke dalam suku labu-labuan, meon cukup di gemari di Indonesia buah ini biasanya dikonsumsi lagsung dalam keadaan segar dan di jadikan sebagai campuran es buah.

 Tanaman buah melon bukanlah tanaman asli indonesia melainkan berasal dari dataran panas di persia, pada awalnya meon hadir di Indonesia sebagai buah impor pada tahun 1980an dan menjadi salah satu buah yang cukup populer di tanah air.

 Tanaman melon sendiri cukup beragam, tanaman ini memiliki 2 sub spesies dan 10 kelompok kultifar tapi hanya 3 diantaranya yang paling populer yaitu Cantalupensis (yang di dalamnya termasuk blewah), Reticulatus (melon yang biasa kita kenal) dan Inodorus (lebih di kena dengan nama melon "honeydo" yang bentuknya oval dengan permukaan kuit yang berkerut)

 Tanaman melon memiliki ciri batang yang berbentuk segi lima, tumbuh dengan cara merambat tapi menjalar dan tidak memanjat, dunnya memiliki bentuk menjari, memiliki 2 jenis bunga yaitu bunga jantan dan bunga hermaprodit dan memiliki ciri buah yang keras pada bagian luarnya dan lembut pada bagian dalam.

    3. Blewah (Cucumis melo var. cantalupensis)

Tanaman buah

 blewah merupakan salah satu jenis buah penyegar yang sangat populeh khususnya di kawasan Asia tenggara dan termasuk ke dalam golongan (Cucumis melo var. cantalupensis L.) berbentuk lanila seperti labu dan timun dan masih berkerabat dekat dengan melon.

 Di Indonesia tanaman blewah banyak di budidayakan dan permintaaan akan buah blewah juga cukup tinggi terutama saat bulan ramadhan, hal ini di karenakan kebiasaan masyarakat Indonesia yang mejajikan makanan dan minuman segar untuk berbuka puasa,

 Tanaman blewah memiliki ciri batang lunak yang merambat sama halnya dengan akarnya, batang dari tanaman blewah sendiri bisa mencapai panjang 10 meter, berbentuk bulat dengan bulu-bulu halus, buah dari tanaman blewah berbentuk lonjong, memiliki permukaan yang keras dengan warna jingga terang dengan bercak kehijauan, daging buahnya lembut, bagian dalamnya berongga dan memiliki biji yang banyak

    4. Strawberry (Fragaria × ananassa)

Tanaman buah, Pengertian, ciri-ciri, pengelompokan, jenis dan budidaya Tanaman buah

 Strawberry, siapa sih yang tidak tau buah yang satu ini, strawberry sangat populer di dunia tanaman strawberry mudah di kenali dari bentuk dan warnanya yang khas, ada lebih dari 20 spesies strawberry dan banyak hibrida dan kulitivarnya.

 strawberry termasuk ke dalam genus tanaman bunga dan masuk ke dalam keluarga mawar (rosachea), seperti yang sudah admin singgung sebelumnya tanaman strawberry memiliki lebih dari 20 spesies tapi hanya 1 jenis yang paling sering di biakkan yaitu Strawberry kebun (Fragaria ×ananassa).

 Buah strawberry merupakan buah komersial yang sangat penting dan kebutuhan pasar akan buah inipun cukup tinggi jadi tak heran banyak orang yang membudidayakannya,

 Tanaman strawberry idealnya di budidayakan di linkungan yang sejuk dengan suhu di antara 1-19 derajat sellcius dengan ketinggian antara 1000-2000 meter di atas permukaan laut, jadi tak heran mengapa strawberry biasanya di budidayakan di dataran tinggi.

 Tanaman strawberry memiliki akar serabut, berbatang pendek sehingga mirip tanaman perdu, berdaun majemuk dengan bagian pinggir bergerigi dan memiliki bulu-bulu yang halus, bunganya berwarna hijau dengan benangsari berwarna putih dan buah dengan warna yang khas merah mencolok.

Tanaman buah tahunan

    1. Salak (Salacca zalacca)

Tanaman buah

 Salak atau dalam bahasa ingris di sebut dengan nama snake fruit merupakan tanaman tahunan dan dapat berbuah sepanjang tahun buah salak biasanya di konsumsi segar dan dapat di olah menjadi berbagai macam hal seperti, asinan, manisan asinan, kripik bahkan bijinya juga bisa di olah menjadi kopi salak.

 Tak hanya sebatas buah dan bijinya tanaman salak juga bisa dimanfaatkan untuk berbaga hal, helai-helai anak daun dan tangkai daunnya bisa di jadikan sebagai bahan anyaman setelah duri-duri di hilangkan tentu saja, selain itu salak sering di tanam sebagai pagar kebun dan juga di gunakan untuk melindungi tanaman yang berbuah dari pencuri,

 Salak termasuk ke dalam keluarga tanaman palma yang tumbuh secara melata, berbentuk perdu hampir tidak berbatang, berdasarkan kultivarnya di indonesia salak terdiri dari 20-30 spesies namun hanya beberapa di antaranya yang terkenal yaitu, Salak Sidimpuan dari Sumatra Utara, Salak condet dari Jakarta, Salak Bali dari Bali dan yang paling terkenall di antaranya adalah Salak pondoh dari Yogyakarta.

 Secara umum tanaman salak memiliki ciri pelepah daun yang berduri tajam hampir tak berbatang, memiliki daun yang berbentuk menyirip, berupun banyak dan rapat, berakar serabut.

    2. Apel (Malus domestica)

Tanaman buah

 Apel merrupakan salah satu buah yang paing awal di budidayakan, pada awalnya buah apel di budidayakan di wilayah Asia tengah kemudian menyebar ke berbagai negara di seluruh dunia terutama negara-negara dengan suhu yang relatif dingin,

 Buah apel biasanya di konsumsi mentah(dalam keadaan segar) selain di makan mentah apel juga bisa di olah menjadi berbagai macam olahan, apel bisa di olah menjadi saus ape dan bisa di buat menjadi minuman sari apel dan lain-lain.

  Budidaya apel sendiri banyak di lakukan di berbagai belahan dunia, di indonesia sendiri apel banyak di budidayakan terutama di daerah berikim sejuk, Kota Malang (daerah Batu dan Poncokusum) khususnya menjadi pusat budidaya apel di indonesia.

 untuk pusat keragaman spiesies apel sendiri berada di wilayah Turki, buah-buah apel pun di perbaiki melalui proses seleksi selama bertahun-tahun untuk mendapatkan cikal bakal apel yang terbaik untuk di kembangkan.

 Tanaman apel dapat dengan mudah di kenali dari warna merah pada buahnya, ada juga yang berwarna hijau dan kekuning-kuningan tergantung pada varietasnya, apel sendiri merupakan tanaman pohon kecil yang tingginya antara 3-12 meter memiliki banyak ranting, daunnya berbentuk lonjong, dengan panjang 10-12 cm  dengan lebar sekitar 5-7cm.

    3. Anggur (Vitis vinivera)

Tanaman buah

 Secara umum anggur memiliki ciri-ciri yang agak mirip dengan tanaman semusim yaitu tumbuh dengan cara merambat, meskipun demikian tanaman anggur termasuk ke daam jenis tanaman tahunan karena dapat hidup selama bertahun-tahun dan dapat berbuah berkali-kali.

 Tanaman anggur sudah di budidayakan selama ribuan tahun tepatnya dari 4000SM, buah anggur biasanya di makan langsung ada pula olahan dari angur yakni jus, jelly, minyak biji anggur , kismis dan minuman anggur yang merupakan salah satu minuman beralkohol olahan tertua yang pertama kali di buat oleh bangsa mesir pada 2500SM.

 Tak seperti tanaman buah yang lain anggur membutuhkan musim kemarau yang cukup lama yaitu berkisar antara 7-8 bulan untuk tumbuh dengan baik, tanaman anggur cocok di budidayakan di dataran rendah dengan suhu diantara 28-30 derajat selsius dan intensitas cahaya matahari yang cukup tinggi untuk tumbuh.

 Tanaman anggur juga tidak dapat tumbuh dengan baik apabila pengairan atau penyiraman di lakukan secara berlebihan, tanaman anggur hanya membutuhkan 800mm curah hujan pertahunnya.

 Tanaman anggur merupakan tanaman perdu yang tumbuh merambat, bisa tumbuh mencapai panjang 10 meter, daunnya berbentuk bulat dengan bagian pinggir yang bergerigi dan bagian ujung yang lancip,bunganya tersusun dalam malai, buahnya berbentuk bulat dan agak lonjong, kulit buahnya halus dan tipis, rasa buahnya manis agak sedikit asam dengan ukuran +- 2-3 cm dan memiliki antara 3-4 biji di dalamnya.

tanaman pepaya juga bisa tumbuh dengan cepat dan dapat berbuah kira-kira setelah mencapai usia 3 tahun.

    4. Jambu (Psidium guajava)

Tanaman buah

 Jambu merupakan salah satu jenis buah yang sangat mudah di temui dan banyak di budidayakan di indonesia, rasa buahnya yang manis  membuatnya di gemari di berbagai kalangan.

 di indonesia sendiri ada banyak jenis varietas jambu yang dapat kita temui seperti Jambu Biji Kristal, Jambu tanjung barat, Jambu biji getas merah, Jambu australia, Jambu sukun dan Jambu bangkok.

 Meskipun jambu banyak di temui di Indonesia sebenarnya jambu bukanllah tanaman asli indonesia, jambu sendiri berasal dari Brazil dan tersebar ke indonesia melalui thailand.

 tanaman jambu memiliki ciri batang yang keras dan halus, memiliki banyak cabang, daunnya berbentuk bulat, dengan warna yang agak kusam, pada daun terlihat dengan jelas urat-urat daunnya, memiliki bunga yang berwarna putih biasanya terletak pada bagian ujung daun, buahnya berbentuk agak lonjong dengan kulit luar berwarna hijau, daging buah biasanya berwarna putih, kuning atau merah tergantung jenis kultivarnya.

 Jambu biasanya di konsumsi langsung secara mentah/segar adapun pengolahan lain dari jambu adalah di gunakan sebagai obat diare alami, biasanya daun jambu di rebus terlebih dahuu dan di minum air rebusannya sebagai obat diare

    5. Rambutan (Nephelium lappaceum)

Tanaman buah

 Siapa yang tak kenal dengan si merah berbulu ini..? rambutan adalah salah satu jenis buah-buahan yang sangat terkenal dan sangat di gemari oleh berbagai kalangan karena memiliki citarasa yang manis dan segar, rambutan biasanya di konsumsi secara langsung dalam keadaan segar,

 Rambutan sendiri merupakan tanaman asli dari wilayak kepuauan di Asia tenggara, nama rambutan sendiri di ambi karena bentuknya yang berbulu atau berambut sehingga di sebut dengan nama rambutan.

 Tanaman rambutan merupakan jenis tanaman yang tumbuh di wiayah beriklim tropis, tanaman rambutan juga sudah tersebar luas di berbagai negara tropis di dunia seperti Afrika, Kamboja, Karibia, Amerika Tengah, India, Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand dan Sri Lanka.

 Secara umum tanaman rambutan memiliki ciri buah yang berwarna merah dan berbulu, biji dari tanaman rambutan terdiri dari 2 keping (berdikotil), daun dari tanaman rambutan memiliki bentuk tulang daun yang menyirip, batang dari tanaman rambutan sendiri berkayu dan berkambium serta memiliki pembulu akut berbentuk bulat/cicin dan akar dari tanaman rambutan berbentuk akar tunggang.

 Biasanya tanaman rambutan akan mulai berbuah ketika mencapai umur 7 tahun apabila mulai di tanam dari bijinya dan dapat mulai berbuah ketika berumur 2 tahun apabila menanam rambutan dengan metode cangkok.

    6. Manggis (Garcinia mangostana L.)

Tanaman buah

 Buah manggis terkenal dengan rasanya yang enak manis dan lembut, sangking enaknya buah manggis sampai-sampai di beri gelar "ratunya buah-buahan" di sandingkan bersama dengan sang "raja buah-buahan" durian.

 karena rasanya yang enak ini memmbuat buah manggis di minati oleh banyak orang, budidaya dari tanaman manggis juga banyak di lakukan di berbagai daerah di Indonesia dan salah satu yang terbesar adalah di kecamatan Puspahiang, Kabupaten Tasikmalaya.

 Tanaman manggis sendiri di yakini berasal dari daerah semenanjung malaya yang kemudian menyebar ke kepulauan di nusantara,

 Tanaman manggis memiliki ciri batang yang tumbuh tegak dan keras, kulit batangnya berwarna coklat dengan tekstur yang kasar dan tidak rata, getah dari tanaman manggis berwarna kuning, memiliki struktur cabang yang tidak simetris, memiiki daun yang berbentuk oval dan buah menggis memiliki bentuk bulat dengan warna kulit merah keunguan dan pohon manggiss bisa tumbuh mencapai tinggi 7-25 meter.

    7. Durian (Durio zibethinus)

Tanaman buah

 Durian merupakan nama buah sekaligus nama tumbuhan dari tanaman tropis yang berasal dari asia tenggara, nama durian sendiri di ambil karena buah tanaman durian ini memiliki kuit yang buah yang berduri,

 Buah durian memiliki rasa dan aroma yang khas, buah ini juga di kenal dengan nama "the king of fruit" atau "si raja buah", ,eskipun kebanyakan orang menyukai durian tapi sebagian orang malah tidak menyukai buah yang satu ini di karenakan aromanya yang sangat menyengat.

  Buah dengan nama duriaan bukanlah nama dari spesies tunggal namun sebutan untuk sekelompok tumbuhan dari marga Durio. ada pula durian tampa imbuhan apa-apa biasanya adalah (Durio zibethinus).

 di indonesia sendiri tercatat ada 20 spesies dari marga Durio (dari total keseluruhan 30 spesies) dan 9 di antaranya dapat di makan. durian (Durio zibethinus) juga memiliki banyak variasi, terdapat sekitar 55 varietas dan 38 di antaranya merupakan kultivar unggul yang di kembangkan secara vegetatif.

 Tanaman durian secara umum memiliki ciri pohon yang tinggi bisa mencapai 30 meter dengan garis tengah batang bisa mencapai 50 cm, memiliki akar bangir yang rendah, kulit batang awalnya halus lama-kelamaan akan beralur membujur, daunnya berbentuk lonjong memiliki panjang 2-25 cm dengan lebar 4,5-9 cm.

    8. Mangga (Mangifera)

Tanaman buah

 Mangga merupakan nama buah sekaligus nama pohon dari tanaman mangga itu sendiri, mangga sendiri termasuk ke dalam marga Mangifera yang terdiri dari 35-40 anggota dari suku Anacardiaceae.

 Mangga sendiri sangat populer di indonesia dan di konsumsi secara luas oeh masyarakat, mangga merupakan tanaman tahunan yang berbuah lebat pada musim-musim tertentu.

 Musim mangga biasanya di mulai pada bulan Agustus hingga November, pada bulan-buan ini biasanya pohon mangga akan berbuah 5 kali lebih banyakdaripada di bulan-buan lainnya.

 Mangga sediri berasal dari Lembah Indus di India dan di temukan oleh Alexander Agung pada tahun 372SM, Nama mangga sendiri berasal dari bahasa tamil yaitu (Mankay)  yang berarti Man = pohon dan kay = buah, kemudian kata "Mankay" ini di bawa ke Eropa kemudian di serap menjadi "Mangga"  dalam bahasa portugis dan "manggo" dalam bahasa Spanyol dan lain-lain.

 Secara umum tanaman mangga memiliki ciri tinggi batang berkisar antara 10-40 m dengan batang yang tumbuh tegak dan bercabang, berdaun lebat dan tersebar di seluruh batang dengan bentuk daun tunggal, kulit batang pohon mangga memiliki tekstur yang kasar, biasanya bunga dari pohon mangga berukuran 40 cm dengan warna hijau kekuningan dan memiliki buah dengan warna kulit yang hijau dengan daging yang berwarna putih ketika masih mentah dan ketika sudah matang kuit dari buah mangga akan berubah menjadi hijau kekuningan dengan daging buah berwarna kuning cenderung orange.

Tanaman buah menengah

    1. Pepaya (Carica papaya L.)

 Pepaya merupakan buah yang berasal dari daerah tropis di benua Amerika daerah Meksiko tepatnya kemudian menybar ke negara-negara tropis lain seperti Indonesia.

 Buah pepaya biasanya di konsumsi langsung baik buah yang masih mentah maupun yang sudah matang, tak hanaya di konsumsi secara segar, daun pepaya juga biasanya di gunkan untuk melunakkan daging, bunga dari pohon pepaya juga biasa di jadikan sebagai sayur urap.

 Pepeaya ada banyak varietasnya seperti IPB-1 (Arum Bogor), IPB-2 (Prima Bogor), IPB-3 (Carisya), IPB-6C (Sukma), IPB-9 (Calina / California), Pepaya bangkok, Pepaya Solo dan lain-lain, tapi yang sedang naik daun dan menjadi yang paling populer selama beberapa tahun terakhir adalah jenis pepaya calina atau yang lebih di kenal dengan pepaya california.

 Secara umum pepaya memiliki ciri batang pohon yang kecil biasanya memiliki tinggi antara 5-10 meter, batangnya berongga dan tak berkayu dan bercabang, daunnya bercabang yang teratur dan spiral terbatas pada batang, buah pepaya memiliki bentuk yang lonjong dengan warna kulit hijau ketika masih mentah dan kekuningan ketika sudah matang, daging buahnya biasanya berwarna orange ketika sudah matang dan memiliki tekstur yang lembut berair dengan rasa yang manis.

    2. Nanas (Ananas comosus (L.) Merr.)

Tanaman buah

 Nanas adalah buah tropis yang cukup populer di indonesia, nanas sendiri sering di olah menjadi berbagaimacam olahan seperti, jus, campuran rujak dan bahkan ada yang menjadikannya sebagai keripik.

 Nanas identik dengan rasanya yang manis agak sedikit masam nanas juga tinggi akan kandungan air sehingga sering di konsumsi sebagai penyegar.

 Tanaman nanas dapat berbuah sepanjang tahun (tak kenal musim) dan biasanya akan berbuah banyak (masuk musim nanas) pada bulan Agustus sampai dengan oktober dan satu tanaman nanas hanya dapat menghasilkan 1 buah dalam masa hidupnya.

  Tanama nanas biasanya memiliki masa tanam/umur antara 18-24 bulan tergantung pada jenis bibit dan dapat di panen saat mencapai usia tersebut setelah itu tanaman nanas harus di perbaharui dengan menanam bibit baru atau menanam jenis tanaman yang lain.

 seperti yang sudah admin singgung di atas nanas merupakan jenis buah-buahan tropis dan dapat di temui di berbagai negara dengan ikim tropis di seluruh penjuru dunia, nanas di yakini berasal dari Brazil, Bolivia dan Paraguay.

 Tanaman nanas termasuk ke dalam famili nanas-nanasan (Famili Bromeliaceae), secara umum nanas memiliki ciri tumbuhnya rendah, memiliki sekitar 30 helai daun dengan baguan ujung yang tajam dan tersusun mengeliingi batangnya, buah dari nanas sendiri bukanlah buah sejati melainkan kumpuan dari buah-buah sejati yang berkembang dan tergabung ke dalam sau tongkol, buah nanas memiliki warna kulit hijau dan hijau kekuningan ketika sudah matang dan dengan daging buah berwarna kuning,

    3. Pisang(Musa)

Tanaman buah

  Pisang merupakan salah satu jenis buah yang sering  kita temui di kehidupan sehari-hari, pisang di kenal dan di konsumsi secara luas di seuruh dunia  tak terkecuali di indonesia,

 Buah pisang yang sudah matang biasanya di konsumsi secara langsung selain itu pisang juga biasanya di olah menjadi berbagai jenis olahan, seperti pisang goreng, pisang sale dan lain-lain,

 Bukan hanya buahnya saja yang dapat di manfaatkan bagian lain dari tanaman pisang juga dapat di manfaatkan untuk berbagai hal seperti daun pisang yang biasanya di gunakan sebagai alat pembungkus makanan, jantung pisang bisa di jadikan sayur, batang dan pelepahnya juga bisa di manfaatkan sebagai tambahan pakan untuk ternak,

 Nama pisang sendiri merupakan nama tanaman sekaligus nama dari buah tanaman itu sendiri, Tanaman pisang merupakan jenis tanaman terna raksasa dengan daun yang besar dan memanjang dari suku Musaceae. Beberapa jenisnya (Musa acuminata, M. balbisiana, dan M. ×paradisiaca) menghasilkan buah konsumsi yang dinamakan sama.

 Tanaman pisan sendiri secara umum memiiki ciri akar serabut yang menempel pada bongol, batangnya tidak berkambium dan tidak memiliki cabang, batan pisan sendiri berupa bongol yang di balut dengan pelepah batang yang berongga dan mengandung banyak air, daunnya berbentuk helai besar yang berbentuk oval dan buah dari pisang sendiri biasanya berwarna hijau dengan daging berwarna putih ketika masih mentah dan akan berubah menjadi agak kekuningan ketika sudah matang.

Budidaya tanaman buah

Pengertian budidaya tanaman buah

 Budidaya tanaman buah merupakan sebuah upaya atau usaha untuk menanam berbagai jenis tanaman yang bisa menghasilkan buah yang nanti hasil panenya bisa di gunakan sebagai konsumsi pribadi dan bisa di jual agar mendapatkan keuntungan.

Tujuan utama dari Budidaya buah sendiri adalah untuk mendapakan aneka jenis buah sebagai variasi bahan pangan yang menjadi sumber energi dan kaya akan vitamin selain tanaman pangan dan tanaman sayur yang dapat di jual untuk mendapatkan keuntungan dari segi ekonomi.

 Budidaya tanaman buah sendiri memiliki cara yang berbeda-beda untuk setiap jenis buah yang akan di budidayakan, ada banyak ha yang harus di perhatikan seperti, jenis lahan yang ideal untuk masing-masing jenis buah, kebutuhan pupuk, dan jenis-jenis hama yang kemungkinan bisa menyerang buah dan lain-lain.

 Untuk cara budidaya tanaman buah sendiri akan admin bahas satu persatu di artikel yang berbeda-beda, kalian bisa lanjut membaca cara meakukan budidaya tanaman buah dengan mengklik artike yang sudah admin cantumkan di bawah.

Budidaya Tanaman buah semusim

  • Semangka (Citrullus lanatus)
  • Melon (Cucumis melo L.)
  • Blewah (Cucumis melo var. cantalupensis)
  • Strawberry (Fragaria × ananassa)

Budidaya Tanaman buah tahunan

  • salak (Salacca zalacca)
  • apel (Malus domestica)
  • anggur (Vitis vinivera)
  • jambu (Psidium guajava)
  • Rambutan (Nephelium lappaceum)
  • manggis (Garcinia mangostana L.)
  • Durian (Durio zibethinus)
  • Mangga (Mangifera)

Tanaman buah menengah

  • pepaya (Carica papaya L.)
  • Nanas (Ananas comosus (L.) Merr.)
  • Pisang(Musa)

Posting Komentar untuk "Tanaman buah, Pengertian, ciri-ciri, pengelompokan, jenis dan budidaya Tanaman buah"

Berlangganan via Email