Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tanaman Sayuran, Pengertian, ciri-ciri, jenis dan budidaya Tanaman Sayuran

 

Tanaman Sayuran

  Sayuran adalah salah satu bahan pangan yang paling sering kita temui dan konsumsi dalam kehidupan sehari-hari, tanaman sayur tinggi akan kandungan nutrisi dan vitamin yang membantu menjaga kesehatan tubuh,

 Sayuran sendiri sudah di konsumsi oleh umat manusia selama ribuan tahun permintaan dan kebutuhan terhadap sayur di pasaran makin hari makin tinggi, Karena kebutuhan akan sayur yang sangat tinggi maka banyak orang yang mulai mebudidayakan tanaman sayuran.

 Nah sebelum lanjut ke budidaya tanaman sayuran yuk kita kenali dulu jenis tanaman yang satu ini apa pengertian dari tanaman sayuran, pengelompokan dan jenis-jenisnya.

Pengertian Tanaman sayuran

 Just for your information sebenarnya tidak ada pengertian/definisi baku dari tanaman sayur hal ini di karenakan pengertian dari tanaman sayur tidak di dasarkan secara botani melainkan cenderung di dasarkan pada penggunaan pengoahan dan istilah sehingga arti dan definisinya bisa berbeda-beda.

 Sebagai contoh, bambu bukanlah jenis tanaman sayuran tapi olahan/masakan rebung (tunas bambu) sering di sebut sebagai sayur, tomat di dalam ilmu botani tomat tergolong salah satu jenis buah tapi sering di olah sebagai makanan pendamping dan di sebut juga sebagai sayur.

 Jadi admin mencoba meriset dan telah mengumpulkan berbagai definisi/pengertian dari tanaman sayuran dan akan admin paparkan selengkap mungkin.

    pengertian Tanaman sayuran 1

Tanaman sayuran adalah tanaman lunak (succuen plant) secara utuh atau sebagian seperti buah, batang, tunas,daun, biji, akar dan lain-lain dapat di konsumsi secara langsung maupun di olah/dimasak dan tidak termasuk sebagai tanaman pangan tapi bisa di konsumsi sebagai makanan penggiring atau makanan pendamping selain lauk untuk makanan pokok.

     Pengertian Tanaman sayuran 2

 Tanaman sayur adalah tanaman yang menghasilkan sayuran, baik tanaman semusim (annual), tanaman dua musim (biannual), maupun tanaman tahunan (perennial), baik yang berupa tanaman sukulen (herbaceous), merambat (viny), semak (shrubby) dan pohon (tree) yang bukan merupakan tanaman penghasil makanan pokok atau tanaman pangan (field crop).

    Pengertian Tanaman sayuran 3 (menurut istilah)

  bagian tanaman yang dimakan bukan sebagai makan pencuci mulut, pada umumnya dimasak dahulu (kecuali dimakan untuk lalab) dan dimakan bersama makanan pokok dan lauk-pauk lainnya.

pengelompokan tanaman sayuran

 Tanaman sayur ada banyak jenisnya dan berbagai jenis tanaman ini di kelompokkan ke dalam 8 kelompok berbeda, pengelompokan ini di dasarkan pada bagian tertentu dari tanaman pangan yang dapat di konsumsi.

berikut ini pengelompokan sayur lengkap dengan jenis-jenisnya

    1. Sayuran Daun

 Sayuran daun merupakan segala jenis sayuran yang bisa di olah bagian bagian daun sampai tangkainya menjadi berbagai macam masakan dan di konsumsi sebagai pendamping untuk makanan pokok. beberapa contoh sayuran daun adalah sebagai berikut

  • bayam
  • Kangkung
  • selada
  • sawi
  • kol 

    2. Sayuran Batang

 Sayuran batang adalah segala jenis sayuran yang batangnya dapat di olah menjadi berbagai jenis masakan dan di konsumsi sebagai pendamping untuk makanan pokok. beberapa contoh dari sayuran batang adalah sebagai berikut:

  • Pakis
  • Kalian
  • Asparagus

    3. Sayuran Bunga

 Sayuran bunga adalah berbagai jenis sayuran yang bagian bunganya bisa di olah menjadi berbagai macam masakan dan di konsumsi sebgai pendamping untuk makanan pokok. beberapa contoh dari sayuran bunga adalah sebagai berikut:

  • Brokoli
  • Kembang Kol
  • Kecombrang

    4. Sayuran Buah

 Sayuran buah merupakan kelompok tanaman sayuran yang menghasilkan buah yang dapat di olah menjadi berbagai jenis masakan dan di konsumsi sebagai makanan pendamping untuk makanan pokok. beberapa contoh dari sayuran buah adalah sebagai berikut:

  • Tomat
  • Cabai
  • Paprika
  • Terong
  • Labu Siam

    5. Sayuran Umbi

 Sayuran umbi adalah berbagai jenis sayuran penghasil umbi yang bisa di olah menjadi berbagai jenis masakan dan di konsumsi sebagai makanan pendamping untuk makanan pokok. beberapa contoh dari sayuran Umbi adalah sebagai berikut:

  • Wortel
  • Bit
  • Lobak
  • Kentang

    6. Sayuran Polong

 Sayuran polong adalah berbagai jenis tanaman yang menghasilkan biji/polong yang bisa di olah menjadi berbagai jenis masakan dan di konsumsi sebagai makanan pendamping untuk makanan pokok. beberapa contoh sayuran polong adalah sebagai berikut:

  • Kacang kapri.
  • Kacang hijau
  • Kacang kedelai
  • Kacang lentil
  • Kacang buncis
  • Kacang panjang
  • Kacang bogor
  • Kacang tunggak

    7. Sayuran Umbi Lapis

  sesuai dengan namanya sayuran yang satu ini berbeda dengan sayuran penghasil umbi bisasa. sayuran umbi lapis ini sendiri memiliki kulit ari tipis pada yang melapisi bagian umbinya karena itulah sayuran ini di sebut sayuran umbi lapis. beberapa contoh sayuran umbi lapis adalah sebagai berikut:

  • Bawang merah
  • Bawang putih
  • Bawang bombai

    8. Sayuran Jamur (Mushroom)

 Note: Sebenarnya jamur tidak termasuk ke dalam kelompok tanaman sayur admin sengaja memasukkan jamur karena mengacu pada istilah dan pengolahan jamur itu sendiri seperti yang kita ketahui bersama jamur sering di olah sebagai "sayur" untuk di konsumsi bersama dengan makanan pokok.

 Sayuran jamur merupakan segala jenis sayur yang tidak beracun, dapat di olah menjadi beraneka jenis masakan dan di konsumsi sebagai pendamping untuk makanan pokok. beberapa contoh sayuran jamur adalah sebagai berikut:

  • Jamur Kuping
  • Jamur Kancing
  • Jamur Tiram
  • Jamur Merang
  • Jamur Shitake

Jenis-jenis tanaman sayuran berdasarkan kelompok lengkap dengan penjelasannya

Sayuran Daun

    1. Bayam

Tanaman Sayuran

 Bayam merupakan sayuran yang cukup populer  di Asia tenggara bayam  dapat diolah menjadi berbagai macam olahan/masakan. di indonesia sendiri terdapat banyak jenis masakan yang menggunakan bayam sebagai bahan tambahan seperti Pecel, gado-gado, urap, sup, sayur bening, ada pula yang mengolah bayam dengan cara di goreng dan di baluri dengan tepung.

 Bayam untuk konsumsi biasanya di kenal ada 2 jenis yaitu bayam petik dan bayam cabut yang membedakan antara kedua bayam tersebut adalah ukurannya, bayam petik bisa mencapai ukuran tinggi 1-2 meter dengan ukuran daun yang cukup besar sedangkan bayam cabut memiliki ukuran yang reatif kecil dengan daun yang tidak terlalu lebar.

 Tanaman bayam memiliki ciri batang berkambium, batangnya memiiki lapisan epidermis (kulit ari tipis) dan bercabang, memiliki bentuk daun yang menyirip, bunga dari bayam tersusun secara glomerulus (tukal) dan berakar tunggang

 Tanaman bayam ini sendiri berasal dari bagian negara Amerika yang beriklim tropik dan kini sudah tersebar ke seluruh penjuru dunia.

    2. Kangkung

Tanaman Sayuran

 Kangkung adalah jenis sayuran yang sering dan mudah kita temui, sayur sendiri banyak di temui di daerah Asia dan sering di olah menjadi berbagai jenis masakan. di indonesia sendiri jenis  olahan kangnkung yang paling sering kita temui adalah ca kangkung dan salah satu olahan/masakan kangkung yang paling terkenal adalah pelecing kangkung yang merupakan makanan khas yang berasal dari pulau Lombok.

 Kangkung sendiri merupakan tanaman yang dapat di temui di berbagai tempat dan bisa tumbuh alami terutama di tempat yang berair seperti di sawah, parit tepi sungai atau bahkan di parit .

 Pada umumnya ada 2 jenis kangkung yang dapat kita jumpai di pasaran yaitu kangkung berdaun licin yang bentuk daunnya agak lebar agak bulat dan kangkung berdaun mata panah yang betuk daunnya tidak terlalu lebar agak berbentuk runcing seperti mata anak panah.

 Tanaman kangkung secara umum memiliki ciri batang yang berongga menjalar dengan daun berselang dengan batang yang menegak pada tangkai daunnya, tanaman kangkung biasanya berwana hijau pucat dan memiliki bunga yang berwarna putih.

 Tanaman ini sendiri sebenarnya berasal dari India kemudian menyebar ke ke Malaysia, Burma, Indonesia, China Selatan Australia dan bagian negara di benua Afrika

    3. Selada

Tanaman Sayuran

 Selada atau daun sla merupakan sayuran yang pengolahannya di jadikan sebagai bahan utama untuk salad, tingkan konsumsi masyarakat dunia terhadap selada sangatlah tinggi. konsumsi selada secara global di prediksi mencapai 3 juta ton pertahun dan terus meningkat.

 Selain di gunakan sebagai bahan utama untuk salad selada juga biasanya di gunakan sebagai tambahan komposisi untuk beberapa jenis makanan seperti burger dan sandwich .

 untuk pembudidayaanya sendiri ada 4 kelompok selada yang paing sering di budidayakan yaitu (capitata) selada kepala renyah, (longifolia) selada cos, (crispa) selada daun longgar dan (asparagina) selada batang. setiap kelompok selada memiliki cirikhas dan citarasa yang berbeda antara kelompoksatu dan yg lainnya (akan admin bahas di artikel yang berbeda)

 Selada memiliki ciri daun yang berwarna hijau agak kehitaman, meliliki bau yang menyengat, memiiki tampilan yang menarik dan bagian tangkai berbentuk melebar dengan tulang daun yang menyirip.

 Tanaman sayuran selada merupakan tumbuhan asli lembah dari bagian timur Laut Tengah, para ilmuan juga menemukan beberapa bukti arkeologi pada pemakaman mesir kuno yang menunjukkan bahwa selada yang tidak berbentuk "kepala" sudah di tanam sejak 4500 SM

    4. Sawi

Tanaman Sayuran

 "Sawi" sebenarnya merupakan sebutan umum untuk kelompok tanaman dari marga brassica yang sering di manfaatkan daunnya menjadi berbagai macam jenis olahan seperti sayur tumis, tambahan sayur untuk bakso, sop dan lain-lain,

 Ada 2 jenis sawi yang di kenal secara umum di indonesia yaitu sawi hijau dan sawi putih. sawi sendiri tersebar secara luas di negara-negara asia Indonesia, Malaysia, Tiongkok, Korea dan negara-negara lainnya.

 Tanaman sawi memiliki ciri batang yang yang pendek dan memiliki ruas-ruas, memiliki akar bercabang-cabang dan berbentuk tunggang, memiliki daun berwarna hijau ada juga yang berwarna putih berbentuk  bulat agak lonjong dan cukup lebar

 Menurut catatan sejarah tanaman sawi sudah mulai di budidayakan berabad abad yang lalu di benua Asia khususnya di Korea dan Tiongkok, di perkirakan budidaya ini di lakukan pada abad ke 15 dan mulai di perkenalkan di benua Amerika pada abad ke 19 setelah itu tanaman sawi mulai menyebar ke seluruh penjuru dunia.

    5. Kol

Tanaman Sayuran

  Kol atau kubis salah satu jenis tanaman yang cukup populer dan banyak di budidayakan di indonesia, kol sendiri dapat di olah menjadi beraneka jenis masakan salah satunya di tumis atau di rebus dan kol juga sering di konsumsi dalam keadaan mentah seperti Sayur lalapan contohnya.

 Tanaman kol merupakan tanaman semusim yang artinya tanaman kol bisa di panen dalam 1 musim tanam yaitu antara 3-4 bulan, kol/kubis sendiri ada banyak jenisnya seperti Kubis Krop atau Telur, Kubis Daun Kampung, Kubis Umbi, Kubis Tunas atau Kubis Babat dan lain-lain.

 di indonesia ada 2 jenis kol/kubis yang paling banyak di kembangkan secara komersial yaitu kubis putih dan kubis bunga.

 Kol memiliki ciri daun yang berwarna hijau ada juga jenis kol yang memiliki warna ungu dan putih kehijauan, daunnya menjari dan melebar, memiliki batang yang pendek, berakar tunggang dan berbiji belah.

 Asal-usul dari kubis agak sulit untuk di acak tapi beberapa ilmuan berasumsi bahwa kubis sudah di domestikasi di benua Eropa sebelum 1000 SM yang kemudian mulai di budidayakan dan di kembangkan sejak abad ke 16 dan setelah itu menyebar ke berbagai penjuru dunia.

Sayuran Batang

    1. Pakis

Tanaman Sayuran

 Pakis atau sering di sebut dengan nama lain paku, paku-pakuan atau pakis-pakisan merupakan salah satu jenis tanaman yang tersebar secara luas dan dapat di temukan di seluruh penjuru dunia.

 Ada banyak jenis dari tanaman ini tanaman dan hanya sebagian kecil yang di makan, biasanya di buat menjadi tambahan sayur rebus atau tumis, tidak hanya di manfaatkan untuk di konsumsi tanaman pakis juga di gunakan untuk berbagai hal seperti tanaman hias, tumbuhan obat dan di gunakan sebagai bahan dasar untuk membuat berbagai alat bantu kegiatan sehari hari.

 Tanaman paku/pakis biasanya tidak di budidayakan melainkan di petik secara liar, tanaman paku memiliki ciri akar, batang dan daun memiliki pembulu akut berupa xilem dan floem, tanaman pakis bisa di temmui di berbagai tempat seperti tempst berair, tempat yang lembab bahkan di batang tumbuhan yang sudah mati, tanaman pakis tidak berbuah ataupun berbiji, tanaman ini menyebar luas dengan cara mengeluarkan spora yang menyerupai lumut dan fungi.

    2. Kailan

Tanaman Sayuran

 mungkin nama sayuran yag satu ini agak jarang kita dengar, sayuran Kailan sendiri  sering di manfaatkan daun dan batangnya dalam masakan tionghoa, sering di olah menjadi bebrbagai jenis tumisan dan berbagai masakan lainnya.

 Tanaman Sayur Kailan tersebar luas dan banyak di budidayakan di negara-negara khususnya di China. di Indonesia sayuran ini juga banyak di minati tapi jumah petani yang membudidayakannya masih cenderung sedikit.

 sayur kalian masih termasuk ke dalam spesies yang sama dengan brokoli dan kembang kol, sayur kalian memiliki ciri daun yang datar, tebal dan mengkilap dengan batang yang tebal dan bunga yang kecil mirip-mirip dengan bunga dari brokoli dan kembang kol.

    3. Asparagus

Tanaman Sayuran

 Di indonesia sparagus merupakan salah satu jenis sayuran yang cukup prestisius, hal ini di karenakan asparagus cukup sulit di dapatkan dan harganya juga cukup membuat kantong menjadi kempes.

 Di benua Eropa asparagus merupakan sayuran yang sangat terkenal dan di gemari karena rasanya yang enak dan sifat deuretiknya yang bisa memperlancar kinerja saluran urin dan membantu kinerja ginjal.

 asparagus memiliki ciri  batang dalam tanah (rizoma) yang akan menumbuhkan rebung/ batang sementara, memiliki tinggi sekitar 1 meter dengan diameter batang 1 cm, sepintas tanaman asparagus mirip dengan cemara, daunnya berbentuk jarum dan memiliki buah yang berwarna hijau ketika masih muda dan berubah menjadi kecoklatan ketika sudah menua.

 Tanaman Asparagus berasal dari daratan Mediterania di Eropa Selatan dan pertama kali diperkenalkan oleh bangsa Romawi sejak 200 tahun sebelum masehi. kemudian dari Eropa menyebar ke negara Jerman dan Belanda setelahitu menyebar ke dataran Amerika kemudian sampai di benua Asia

Sayuran Bunga

    1. Brokoli

Tanaman Sayuran

 Brokoli adalah tanaman sayuran yang termasuk ke dalam suku kubis-kubisan, brokoli sangat mirip dengan kembang kol yang membedakannya adalah brokoi berwarna hijau dan kembang kol berwarna putih.

 Brokoli banyak di budidayakan di indonesia dan dan bisa dengan mudah di temukan di pusat-pusat perbelanjaan untuk pengolahannya brokoli sering di jadikan sebagai bahan tambahan untuk berbagai mcam makanan contohnya seperti tumis brokoli, cah brokoli dan tambahan untuk sup.

 Tanaman brokoli memiliki ciri tangkai kuat dengan tunas-tunas kecil, sebagain besar dikelilingi oleh dedaunan, memiliki batang tebal (4) memiliki bunga yang berwarna putih seperti kembang kol.

 Asal-usul dari tanaman brokoli diduga dari daerah laut tengah dan sudah di budidayakan semenjak zaman yunani kuno dan tanaman ini masuk ke indonesia pada tahun 1970an dan kini menadi salah satu sayuran yang cukup populeh di tanah air

    2. Kembang Kol

Tanaman Sayuran

 satu lagi tanaman yang masuk ke dalam kelompok kubis-kubisan, sekilas tanaman brokoli dan kembang kol memiliki tamplian yang persisi mirip seperti yang admin singgung sebelumnya yang membedakan adalah warnanya brokoli berwarna hijau dan kembang kol berwarna putih pucat.

 Tidak jauh berbeda dengan sodaranya kembang kol juga dapat di olah menjadi berbagai macam olahan seperti sayur tumis dan sup dan berbagai jenis masakan lainnya

 Tanaman kembang kol memiliki ciri berbatang keras dan tingginya bisa mencapai 40-60 cm, berdaun halus berwarna hijau putih berbentuk kriting seperti babad / seperti perut daging sapi, bunganya memiliki warna putih kekuningan membentuk krop dan di kelilingi daun

 Nama kembang kol sendiri merupakan terjemahan harafiah dari bahasa Belanda bloemkool.Kembang kol berasal dari kawasan Eropa, Mediteran, dan Asia Tengah. Kembang kol sendiri merupakan tanaman yang tumbuh dengan baik di dataran tinggi atau pegunungan.

    3. Kecombrang

Tanaman Sayuran

 Di indonesia kecombrang bukanlah bumbu masak baru, kecombrang identik dengan rasanya yang unik. Kecombrang memiliki rasa yang agak asam seperti jeruk nipis dan agak sedikit pedas seperti jahe sehingga bunganya sering di olah dan di gunakan sebagai bumbu tambahan untuk berbagai macam masakan seperti Lalapan untuk di makan dengan sambal,sayur urap, kecombrang kukus dan pecel .

 Tak hanya di Indonesia kecombrang juga terkenal di negara-negara Asia yang lain seperti Malaysia dan Thailand

 tanaman kecombrang merupakan tanaman semak dan memiliki ciri  berbatang semu, berpelepas mirip dengan tanaman pisang-pisangan,membentuk rimpang dan berwarna hijau dan memiliki bunga berwarna merah muda.

Sayuran Buah

    1. Tomat

Tanaman Sayuran

 Sebenarnya secara botani tomat merupakan tanaman buah tapi pada pemanfaaatannya sendiri sering di olah menjadi "sayur" tomat sendiri bisa di makan secara langsung maupun di olah menjadi berbagai macam masakan.

 Tomat merupakan alah satu sayur yang di kenal di seluruh dunia dan hampir bisa di temui di belahan bumi manapun kecuali daerah dengan salju/es abadi, hal ini di karenakan tomat di budidayakan secara luas dan permintaan pasar untuk tomat juga cukup tinggi.

 Tomat memiliki ciri berakar tunggang, batangnya berbentuk persegi sampi membulat yang lunak tapi kuat, berbulu halus dan berwarna hijau, tomat memiliki bunga berwarna kuning  berukuran antara 1-3 cm, untuk buah tomat bentuknya bisa bermacam-macam tapi secara umum buah dari tomat biasanya berbentuk bulat, berwarna hijau kekuningan dan merah.

 Tanaman tomat sendiri berasal dari dataran tinggi pantai barat Amerika selatan, setelah Amerika selatan di kuasai bangsa Spanyol merka mulai mulai menyebarkan tomat ke kooni-koloni mereka di Karibia kemudian setelah itu di bawa ke Filipina dan semenjak itu tomat menyebar ke berbagai negara di asia termasuk Indonesia

    2. Cabai

Tanaman Sayuran

 orang indonesia mana sih yang tidak tahu cabai, cabai sangat sering kita jumpai di dalam berbagai jenis masakan cabai bisa di golongkan sebagai bumbu dan sayuran tergantung dari penggunaanya.

 Sebagai bumbu untuk penguat rasa cabai sangat terkenal di negara-negara Asia dan bisa di kategorikan sebagai salah satu sayuran yang cukup prestisius. cabai juga merupakan salah satu komoditas yang banyak di budidayakan di indonesia hal ini di karenakan tingkat konsumisi dan nilai ekonomis cabai di indonesia cukup tinggi.

 Tanaman cabai memiliki ciri batang yang berkayu, berbuku-buku dan memiliki cabang yang banyak, daunnya tunggal berbentuk bulat telur, panjang daun sekitar 10-15 cm, bagian pinggir daun rata dan tidak berbulu,bagian ujung daunnya runcing dan pangkalnya tumpul, bunganya tunggal 2-3 buahnya terletak berdekatan dan berwarna putih kekuningan.

 Tanaman cabai bukanlah tanaman asli Indonesia, tanaman cabai mulanya berasal dari benua Amerika dan di bawa ke Indonesia oleh pelaut Portugis dan Spanyol ke Asia pada abad ke 16.

    3. Paprika

Tanaman Sayuran

  Sayuran yang satu ini sangat populer di kalangan pecinta salad karena paprika sering di gunakan sebagai salah satu bahan tambahan untuk salad, selain untuk salad sebenarnya paprika bisa di olah menjadi banyak jenis masakan, bisa di rebus, bisa di tumis dan bisa di jadikan sebagai penguat rasa karena paprika memiliki sedikit rasa pedas.

 Ciri khas dari Sayuran paprika adalah warnanya yang cukup mencolok, secara umum ada 3 warna dari paprika yang di kenal secara luas yaitu Paprika merah, paprika kuning dan Paprika hijau, setiap warna memiliki tekstur dan ketebalan kulit yang berbeda.

 Paprika memiliki ciri batang keras berkayu, berbentuk bulat halus dan berwarna hijau gelap, buahnya sendiri di kenal memiliki berbagai macam warna seperti merah, ungu, coklat, orange dan kuning, warna ini tergantung pada genus dan tingkat kematangan dari buah paprika itu sendiiri, seperti yang sudah admin singgung di atas secara umum ada 3 warna paprika yang paing di kenal yaitu merah, kuning dan hijau.

 Tanaman paprika bukanlah tanaman asli Indonesia, Tanaman paprika berasal dari wilayah Amerika selatan tepatnya di wilayah meksiko dan di bawa ke Eropa oleh Christoper Columbus pada abadd ke 16 setelah itu tanaman paprika menyebar ke berbagai penjuru dunia termasuk indonesia.

    4. Terong

Tanaman Sayuran

 Terong atau terung adalah sayuran penghasil buah yang cukup banyak di budidayakan oeh para petani di indonesia, terong dapat kita temui degan mudah di berbagai pusat perbelanjaan,

 terong merupakan tanman tahunan yang artinya tanaman ini bisa di panen berkali-kali sampai habis masa tanam/masa hidupnya.

 terong memiliki ciri daun yang lebar dan dengan lobus yang kasar, memiliki bunga berwarna ungu dan hijau, memiliki warna buah yang khas yaitu berwarna Ungu atau hijau, berbentuk memanjang, lurus, melengkung, tergantung pada ukuran masing-masing.

 terong sendiri berasal dari India dan Srilangka dan di budidayakan di Asia bagian Selatan dan timur sejak zaman prasejarah kemudian mulai di kena di dunia barat sejak tahun 1500.

    5. Labu Siam

Tanaman Sayuran

 Seperti namanya labu siam merupakan salah satu tanaman yang masuk ke dalam suku labu-labuan, bagian yang bisa di olah dan di konsumsi dari tanaman labu ini adalah pucuknya yang masih muda dan buahnya,

 di Indonesia labu siam biasanya di olah dengan cara di rebus atau di campur ke berbagai macam masakan rebusan seperti sayur bening dan sayur bobor. sedangkan di Australia labu siam biasanya di olah dengan cara di iris-isris, di baluri dengan tepung panir kemudian di goreng.

 Labu siam di konsumsi secara luas di seluruh dunia dan negara pengexpor abu siam terbesar di dunia adalah negara costarica.

 Tanaman labu siam memiliki ciri batang yang lunak, beralur,bercabang banyak,batangnya memiliki sulur untuk melilit benda lain, memiliki akar tunggang yang bercabang, berwarna putih kecoklatan dan banyak akar akar halus yang bermunculan di atas permukaan tanah, buahnya berbentu lonjong dengan warna hijau muda.

Sayuran Umbi

    1. Wortel

Tanaman Sayuran

 Wortel terkenal akan kandungan vitamin A-nya yang tinggi, selain vitamin A wortel juga menyimpan kandungan karbohidrat daam jumlah yang besar sehingga wortel dapat di jadikan makanan pendamping untuk mendapatkan asupan energi extra.

 Mengkonsumsi wortel dapat di lakukan dengan berbagai cara bisa di makan langsung/mentah, bisa di jadikan sebagai jus, bisa di masak/di olah menjadi bebrbagai masakan seperti di rebus, sebagai campuran sup, di tumis, dan lain-lain.

 Secara umum wortel sangat mudah di kenali yaitu melalui umbinya yang berwarna orange, secara spesifik wortel memiliki ciri daun yang berwarna hijau yang tergolong majemuk dan berbentuk menyirip, tangkai dari daun wortel memiliki jumlah 5-8 tangkai per tanaman wortel dan setiap tangkai dapat mencapai panjang antara 8-10 cm, wortel memiliki bunga yang mengembang dan memiliki warna yang berbeda-beda tergantung pada varietasnya dan wortel memiliki akar berupa umbi yang berwarna kuning, orange jingga bahkan ungu

 Wortel sendiri berasal dari Asia tengah sudah di kenal dan di olah selama ribuan tahun, budidaya wortel sendiri baru di lakukan di wilayah Afganistan pada abad ke 10, pada masa itu wortel berwarna ungu dengan bagian tengah berwarna kuning tetapi setelah di akukan rekayasa genetik tanaman wortelpun berkembang dan menjadi wortel yang kita kenal sekarang.

    2. Bit

Tanaman Sayuran

 Buah bit atau umbi bit merupakan bahan pangan yang serba guna, pengolahan umbi bit tidak hanya sebatas untuk di jadikan sayur saja, umbi bit juga sering di gunakan untuk pengobatan alami, pewarna makanan dan bahkan umbi bit merah juga bisa di gunakan untuk membuat Anggur/winne.

 Dalam pengolahannya umbi bit biasanya di jadikan sebagai bahan tambahan untuk salad, umbi bit juga bisa di oah dengan cara di rebus, di panggang dan bisa juga di jadikan sebagai sup.

 Umbi bit memiliki batang yang pendek, daunnya berwarna hijau tumbuh berkumpul pada pangkal umbi, berakar umbi berwarnah merah keunguan  dan berbentuk seperti gasing.

 Buah bit di yakini berasal dari kawasan laut mediterania dan afrika utara dan menyebar hingga bagian barat India, sampai meliputi kepulauan kanari dan bagian pantai barat Eropa dan kini sudah menyebar ke berbagai penjuru dunia termasuk Indonesia

    3. Lobak

Tanaman Sayuran

 Sayur yang satu ini memiliki umbi yang sekilas mirip dengan wortel tapi lobak memiliki warna umbi yang berwarna putih dan ukurannya relatif lebih besar sedangkan wortel berwarna kuning/orange.

 Untuk pemanfaatannya lobak dapat di gunakan sebagai obat gangguan gijal, demam dan batuk karena lobak dapat menghasilkan lendir di dalam kerongkongan yang dapat meredakan radang pada tenggorokan, lobak dapat di konsumsi secara mentah atau di olah menjadi acar, tapi umumnya lobak di gunakan sebagai bahan campuran untuk soto.

 Tanaman lobak memiliki ciri bunga mirip dengan bunga petsai yang berwarna warna putih dan dengan biji berukuran besar berbentuk bulat dengan warna kekuningan, daun dari tanaman lobak memiliki bentuk yang lonjong dan memiliki batang yang pendek.

 Meskipun banyak di temukan dan budidayakan di negara kita tanaman lobak bukanlah tanaman asli Indonesia melainkan tanaman lobak sendiri berasal dari dataran Tiongkok dan belum dapat di ketahui dengan jelas sejak kapan tanaman lobak masuk ke Indonesia.

    4. Kentang

Tanaman Sayuran

 Kentang sebenarnya di kategorikan sebagai tanaman pangan karena memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi dan memang di konsumsi sebagai makanan pokok di negara-negara barat, tapi di Indonesia tanaman kentang hanya di manfaatkan sebagai sayur pelengkap untuk makanan pokok saja.

 Pemanfaatan dari umbi kentang ada berbagai macam bisa di jadikan sebagai sayur untuk konsumsi pribadi seperti di jadikan bahan tambahan untuk sup, di rebus dan lain lain, kentang juga di olah dalam industri sekala besar seperti perusahaan keripik kentang dan dan perusahaan franchise fastfood yang menyediakan kentang goreng (frenchfries) sebagai salah satu menunya.

 Kentang memiliki ciri batang yang biasanya berbentuk segi empat, memiliki bentuk daun yang berbentuk sedikit buat dengan ujung yang runcing, kentang sendiri memiliki akar yang menjalar dan halus, bunga pada tanaman kentag biasanya berbentuk kecil berwarna, merah keungu-unguan dan putih dan kulit umbi pada kentang cenderung tipis

 kentang sendiri berasal dari wilayah Amerika selatan tepatnya dari Wilayah Chili, Peru dan Meksiko dan di perkenakan oeh penjelajah Spanyol di Eropa dari tahun 1565 seteah itu kentang menyebar ke berbagai penjuru dunia termasuk ke Indonesia.

Sayuran Polong

    1. Kacang kapri.

Tanaman Sayuran

 Kacang kapri merupakan salah satu jenis tanaman polong-polongan yang mudah di jumpai dan banyak di budidayakan, kacang kapri biasanya di panen dan di konsumsi ketika buahnya masih muda hal ini di karenakan kacang kapri yang masih mudah memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang masih enak, berbeda halnya dengan kacang kapri yang sudah tua teksturnya lebih keras dan rasanya juga kurang nikmat.

 budidaya tanaman kacang kapri sendiri biasanya di lakukan di dataran tinggi yang sejuk karena memang sangat ideal untuk pertumbuhan kacang kapri, terdapat 2 jenis kapri yang berbeda yaitu kapri dengan biji pipih (Snow pea) yang cukup populer dan mendominasi di Indonesia dan kapri dengan biji bulat (snap pea), keduanya sama-sama bisa di konsumsi secara langsung maupun di olah menjadi berbagai macam olahan.

 biasanya kacang kapri sering di olah dengan cara di tumis, di rebus, di jadikan tambahan untuk nasi goreng, capcai dan sup.

 Tanaman kacang kapri bisa tumbuh mencapai 2-3, meter dengan ciri daun yang menyirip, memiiki bunga berwarna putih, tumbuh merambat, menghasilkan buah berwarna hijau dengan panjang sekitar 5-10 cm setiap buah biasanya terdapat 3-9 biji buah.

 Tanaman kacang kapri di yakini berasal dari perbatasan antara Thailand dan Myanmar dan beberapa bukti menunjukkan bahwa tanaman kacang kapri sudah di budidayakan disana selama kurang lebih dari 12 ribu tahun yang lalu.

    2. Kacang hijau

Tanaman Sayuran

 Kacang hijau adalah tanaman sejenis palawija yang di kenal secara luas di daerah tropika dan termasuk ke dalam jenis tanaman polong-polongan, kacang hijau juga masuk ke dalam golongan tanaman pangan dan menempati posisi ke 3 sebagai tanaman pangan legum setelah kacang kedelai dan kacang tanah.

 sebagai sayuran kacang hijau biasanya di olah dulu dengan cara di tumbukan dulu tunasnya, tunas inilah yang biasa di sebut dengan Toge/Tauge. Tauge dapat di manfaatkan untuk campuran berbagai masakan seperti gado-gado, pecel dan lain-lain.

 Tumbuhan kacang hijau memiliki ciri batang yang berukuran relatif kecil, berbulu halus hijau kemerahan atau kecoklatan, berbentuk bulat dan berbuku-buku,tumbuh tegak, batangnya menyebar ke segala arah dan biasanya bisa tumbuh mencapai tinggi 1-1,5 meter.

 Menurut beberapa sumber kacang hijau ini berasal dari india kemudian menyebar ke daerah Asia lainnya, seperti Taiwan, Thailand dan Filipina, Di Indonesia kacang hijau mulai masuk pada awal abad ke 17 di bawa oleh bangsa Cina dan Portugis yang datang untuk berdagang di Nusantara

    3. Kacang kedelai

Tanaman Sayuran

 Kacang kedelai nama yang tidak asing di telinga, kacang kedelai merupakan tanaman syuran jenis polong-polongan yang sangat popuer di seuruh dunia terutama di kawasan Asia timur dan Indonesia, Di negara-negara asia kedelai di gunakan sebagai bahan dasar untuk berbagai jenis makanan seperti tahu, tempe ,kecap dan lainnya.

 Selain di olah menjadi berbagai macam bahan makanan kedelai juga menjadi sumber protein nabati dan sumber minyak nabati terbesar di dunia, biji kedelai juga sering di olah menjadi sayur salah satu olahan sayur dari kedelai yang kita temui adalah touge (biji kedelai yang di semai hingga tumbuh tunas) yang biasanya di gunakan sebagai salah satu bahan tambahan gado-gado, pecel dan di tumis selain itu biji kedelai juga dapat di konsumsi dengancara di rebus.

 Kedelai sendiri memiliki ciri batang yang tumbuh tegak cenderung merambat, bentuknya perdu, memiliki akar tunggang dan serabut, memiliki bunga berwarna putih keungu-unguan, memiliki buah yang panjang biasanya berisi 3-6 polong.

 Menurut peninggalan arkeologi tanaman kacang kedelai sendiri berasal dari kawasan asia timur dan sudah mulai di budidayakan sejak 3500 tahun yang lalu.

    4. Kacang lentil

Tanaman Sayuran

 Kacang lentil adalah tanaman kacang-kacangan yang sudah di kenal dan mulai di konsumsi oleh manusia selama ribuan tahun bahkan bisa di bilang dari zaman purba, beberapa bukti arkeologi menunjukkan bahwa kacang ini sudah mulai di konsumsi sejak 9500-13000 tahun yang lalu.

 Tanaman Kacang lentil merupakan sejenis tanaman semak-semak dari family legume yang di kenal dengan biji-bijinya yang berbentuk cembung seperti lensa. kacang lentil sangat toeran terhadap kekeringan, kacang lentil juga di kembang biakkan hampir di seluruh penjuru dunia. dan pada tahun 2009 FAO melaporkan produksi kacang lentil seluruh dunia menyentuh angka 3.917  juta ton.

 Kacang lentil memiliki warna yang berfariasi dari kuning, jingga kemerahan, hijau, cokat dan kemerahan selain itu kacang lentil juga bervariasi mulai dalam ukuran, biasanya di jual dalam bentuk utuh ataupun terbelah, dengan atau tampa kulitnya.

 Secara umum tanaman Kacang lentil memiliki ciri tinggi tubuh sekitar 40cm, memiliki biji yang berbentuk cembung seperti lensa, bijinya tumbuh di dalam pod dan setiap pod berisi 2 biji kacang.

    5. Kacang buncis

Tanaman Sayuran

 Kacang buncis merupakan salah satu tanaman polong yang tumbuh dengan cara merambat, kacang buncis sangat di minati oleh para konsumen karena rasanya yang gurih dan lezat, kacang buncis di kenal tinggi akan kandungan protein dan tinggi akan kandungan vitamin A , B dan C.

 kacang buncis banyak di budidayakan Karena permintaan pasar dan konsumsi masyarakat yang lumayan tinggi, Tanaman kacang buncis sangat ideal di budidayakan di daerah dataran tinggi dengan ketinggian antara 300-600 mdpl, jadi jangan heran kalau sering melihat tanaman buncis kalau jalan-jalan ke puncak atau daerah pegunungan.

 Kacang buncis ada banyak jenisnya tetapi secara garis besar kacang buncis di bagi menjadi 2 macam yaitu kacang buncis yang merambat dan kacang buncis yang tidak merambat.

 secara umum tanaman kacang buncis memiliki ciri batang yang lunak dan berbentuk bulat dengan cabang yang banyak, memiliki daun berbentuk oval dengan bagian ujung yang runcing dan tuang daunnya menyirip, bunga dari tanaman uncis biasanya tumbuh pada bagian selah tangkai daun dan tangkai tandannya bisa mencapai panjang 2-5 cm dan buahnya berbentuk pipih melebar dan dapat mencapai panjang 12-15cm.

 Untuk asal dari tanaman ini admin tidak dapat mengkonfirmasi karena kekurangan dalam hal ketersediaan data.

    6. Kacang panjang

Tanaman Sayuran

 Kacang panjang merupakan salah satu jenis sayur polong yang paling banyak di konsumsi jenis oahan dari kacang panjangpun beragam, kacang panjang yang masih muda biasanya di jadikan campuran sayur rebus, di tumis dan berbagai macam olahan lainnya.

 Selain di olah menjadi bahan masakan kacang panjang juga di kena memiliki khasiat untuk mengobati berbagai macam jenis penyakit diantaranya mengatasi batu ginjal, kanker payudara, leukimia dan gangguan saluran kencing.

 Tanaman kacang panjang memiliki ciri batang panjang dan menjalar yang melilit pada penopangnya, daun tanaman kacang panjang berbentuk majemuk dengan ruas daun yang bercabang, buah dari tanaman kacang panjang tumbuh dari bunga yang di buahi, sesuai dengan namanya buah dari tanaman ini memiliki ukuran yang cukup panjang antara 20-40 cm dan akar dari tanaman kacang panjang berbentuk bercabang dan memiliki bintil-bintil yang berfungsi untuk mengikat nitrogen yang ada di udara.

 Kacang panjang sendiri secara umum dapat dengan mudah di dapati di kawasan benua Asia yang berikilim hangat salah satunya adalah di Indonesia

    7. Kacang bogor

Tanaman Sayuran

 Kacang bogor, mungkin jenis kacang yang satu ini jarang kita jumpai, tak mengherankan karena kacang bogor ini memang kurang populer di kalangan para pembudidaya.

 Meskipun tidak sepopuler tanaman polong lainnya kacang bogor tidak kalah dalam hal kandungan gizi,protein dan vitamin, selain itu kacang bogor juga memiliki kelebihan yaitu tahan keterbatasan zat hara dan air.

 Kacang bogor sendiri memiiki nama latin (Vigna subterranea (L.) nama kacang bogor sendiri di ambil karena kacang jenis ini memang sering di jajakan di wiayah bogor sebagai camilan/makanan ringan.

 Kacang bogor merupakan kacang semusim yang menghasilkan umbi hampir-hampir mirip dengan kacang tanah, kacang ini memiliki ciri cabang-cabang lateral yang menjulur ke atas permukaan tanah, memiliki daun majemuk dengan 3 anak daun berbentu lonjong,tangkai daunnya panjang, tubuh tegak dan sedikit berbulu,

 Kacang bogor sendiri aslinya berasal dari wilayah tropis di benua afrika dan mulai di perkenalkan di indonesia pada abad ke 20 sebagai bahan pangan alternatif.

    8. Kacang tunggak

Tanaman Sayuran

 Kacang tunggak merupakan kerabat dekat dari kacang panjang namun berbeda spesies atau kultivarnya, kacang tunggak memiliki banyak variasi bentuk dan di kenal dengan nama yang berbeda-beda di setiap daerah, di jawa contohnya kacang tunggak di kenal dengan beberapa sebutan seperti kacang dadap, kacang landes dan kacang tolo.

 kacang tunggak biasanya di tanam di pekarangan rumah sebagai tanaman sebagai cadangan maupun tambahan bahan pangan untuk keluarga. polong muda dan biji kacang tunggak biasanya di olah menjadi sayur seperti sayur odeh dan brongkos dan bijinya yang sudah tua dan mengering biasanya biasanya di tumbuk menjadi tepung dan di jadikan sebagai bahan dasar berbagai macam olahan.

 Tanaman kacang tunggak merupakan tanaman semusim yang memiliki ciri batang yang tumbuh tegak dengan dahan-dahan yang tumbuh ke berbagai arah atau melebar dan bisa mencapai tinggi 60-80cm. kacang ini di bedakan dari subspesies yang lain dengan melihat ukuran polongnya yang bisa mencapai panjang 10-30cm menggantung, keras dan kaku, ketika masih muda polongnya tidak mengelembung, bijinya berukuran besar dan bisa mencapai total panjang 3-10mm.

Sayuran Umbi Lapis

    1. Bawang merah

Tanaman Sayuran

 Bawang merah merupakan salah satu bumbu yang bisa di temukan di setiap dapur, bawang merah juga di kena secara luas di seluruh dunia sebagai bumbu penambah rasa dan aroma untuk masakan, bawang merah dapat di manfaatkan umbi maupun daunnya.

 Tak hanya sebagai bumbu bawang merah juga dapat di makan mentah serta di jadikan acar, bawang merah juga bisa digunakan sebagai obat tradisional, kulit dari bawang merah juga bisa di gunakan sebagai zat pewarna dan daunnya bisa di jadikan sebagai tambahan campuran sayur.

 Bawang merah memiliki ciri daun yang mirip seperti rumput dan bagian dalam daunnya berongga seperti pipa, batangnya pendek, berakar serabut dan memiiki umbi yang berbentuk bulat dan berwarna merah.

 Bawang merah berasal dari negara Iran, pakistan dan area peggunungan  di sebelah utaranya dan kemudian menyebar ke berbagai negara di penjuru dunia baik negara beriklim tropis dan subtropis termasuk Indonesia.

    2. Bawang putih

Tanaman Sayuran

 Bawang putih sudah di kenal dan gunakan sebagai bumbu oeh manusia selama ribuan tahun, bawang putih sudah menjadi bumbu umum di benua Asia, Eropa dan Afrika, bahkan sebuah catatan Mesir kuno mengatakan bahwa tanaman bawang putih di manfaatkan sebagai bumbu makanan dan untuk pengobatan.

 di Indonesia bawang putih di gunakan secara luas dan menjadi bumbu dasar untuk masakan, biasanya bawang putih di manfaatkan/di olah dengan cara di pecahkan dengan pisau (di geprek), di cincang atau di potong-potong dengan tujuan agar bawang putih mengeluarkan rasa dan aromanya yang khas kemudian di campurkan ke makanan sebagai bahan pelengkap dan penambah cita rasa.

 Bawang putih memiliki ciri sebagai-berikut, bawang putih dapat mencapai tinggi 30-50 cm, umbi terdiri dari beberapa siung ada pula bawang putih yang berumbi tunggal atau tidak bersiung dan masing masing siung memiliki lapisan kuit tipis yang kalau di buka akan mengeluarkan aroma yang menyengat,

 Tanaman bawang putih diduga berasal dari kawasan Asia tengah dan sudah lama menjadi bahan makanan di kawasaan laut tengah dan sudah lama di gunakan sbagai bahan masakan di Asia,Eropa dan Afrika.

    3. Bawang bombai

Tanaman Sayuran

 Bawang bombai adalah salah satu jenis bawang yang paling banyak di budidayakan,  bawang bombai biasanya di budidayakan di dataran tinggi yang sejuk dan dan mendapat penyinaran matahari yang cukup lama karena dataran tinggi memang ideal untuk bawang bombai.

bawang yang satu ini terkenal karena ukurannya yang cukup besar, dagingnya yang tebal dan bentuknya yang hampir bulat sempurna.

 Bawang bombai biasanya di gunakan sebagai bahan tambahan untuk masakan guna untuk menambah cita rasa dan aroma, bawang bombai juga bisa di olah dengan cara di baluri dengan tepung kemudian di goreng sampai kering.

 Tanaman bawang bombai memiiki ciri pohonnya tumbuh tegak ke atas, memiliki akar serabut yang tidak terlalu panjang, memiliki daun yang pipih dan berongga dan ukurannya lebih besar daripada ukuran daun bawang merah biasa dan berwarna hijau tua, umbinya berbentuk bulat dan berlapis-lapis.

 Bawang bombai di duga berasal dari kawasan asia tengah, kemungkinan dari Palestina lalu menyebar ke Eropa dan india, kemungkinan bawang bombay di bawa masuk ke indonesia oleh pedagan india atau penjajah belanda.

Sayuran Jamur (Mushroom)

    1. Jamur Kuping

Tanaman Sayuran

 Jamur kuping merupakan jamur yang tumbuh dari sisa-sisa tanaman yang sudah mati jamur ini termasuk ke dalam kedalam kelompo Jelly fungi karena teksturnya yang kenyal mirip dengan jelly.

 Nama jamur kuping sendiri berasal dari bentuknya yang mirip dengan kuping/telinga manusia, jamur kuping sendiri terdiri dari tiga jenis yaitu jamur kuping putih, jamur kuping merah dan jamur kuping hitam.

 Jamur kuping cukup di gemari karena teksturnya yang lunak dan rasanya yang lezat, jamur kuping dapat di oah menjadi berbagai jenis masakan, tumis, rebus, di jadikan sup, di jadikan sebagai bahan campuran untuk nasi goreng jamur dan lain sebagainya.

 Jamur kuping sesuai namanya memiliki ciri berbentuk seperti kuping dan berbentuk seperti mangkuk, memiliki diameter sekitar 2-15cm, jamur kuping umumnya berwarna coklat kehitaman, coklat tua dan hitam ada juga yang putih, tekstur dari jamur kuping sendiri tipis berdaging serta kenyal.

    2. Jamur Kancing

Tanaman Sayuran

 Jamur kancing atau yang lebih di kenal dengan nama jamur champignon merupakan salah satu jenis jamur konsumsi yang sangat populer dan menjadi jamur yang paling banyak di budidayakan di seluruh dunia.

 Biasanya jamur ini banyak di gunakan dalam berbagai masakan barat seperti seperti Pizza, omelete, capuran saus untuk pasta dan berbagai jenis olahan makanan lainnya.

 Jamur ini memiiki rasa dan aroma yang khas, tekstur dari jamur ini agak padat tapi tetap empuk dan memiliki rasa yang manis gurih mirip seperti daging

 Jamur Kancing memiliki bentuk bulat seperti kancing, permukaannya berwana putih, krem dan agak kecoklatan dan memiliki tangkai yang relatif pendek

 Jamur kancing di ketahui secara alami tumbuh di atas kotoran kuda semenjak zaman Romawi dan yunani kuno, untuk pembudidayaanya sendiri kabarnya petamakali di lakukan di prancis pada abad ke 17.

    3. Jamur Tiram

Tanaman Sayuran

 Sebagian besar dari kita mungkin sudah tidak asing dengan jenis jamur yang satu ini, jamur tiram cukup populer di Indonesia dan banyak di budidayakan, jamur tiram bisa dengan mudah di temui di pasar-pasar dan di berbagai pusat perbelanjaan.

 Ada banyak jenis dari jamur tiram mulai dari jamurtiram abu-abu, putih, coklat dan emas, kebutuhan akan jamur tiram ini kian banyak karena di sukai berbagai kalangan masyarakat, ada banyak jenis olahan dari jamur tiram, Jamur tiram bisa di olah dengan berbagai cara seperti di rebus di tumis dan bisa juga di baluri dengan tepung kemudian di goreng.

 Jamur tiram memiliki ciri umum tubuh berwarna putih hingga krem tudungnya berbentuk setengah lingkaran seperti tiram dengan bagian tengah agak cekung. secara alami jamur tiram dapat di temukan di bawah pohon yang berdaun lebar atau tanaman berkayu.

    4. Jamur Merang

Tanaman Sayuran

 Jamur merang salah satu Jamur yang cukup populer di kalangan pecinta sayuran, jamur merang cukup populer di negara-negara Asia kuhusnya jepang dan indonesia .

 Jamur merang di kenal memiliki rasa yang enak, gurih dan tidak mudah berubah bentuknya apabila di masak sehingga sangat ideal di gunakan untuk berbagai macam masakan seperti tumis jamur, pepers jamur, sup dan capcai.

 pembudidayaan jamur merang cukup mudah, jamur merang biasanya di budidayakan dengan menggunakan media merang/jerami. jamur merang biasanya di panen ketika jamur masih kuncup, jamur merang yang sudah mekar masih tetap bisa di panen tetapi harga jualnya akan jauh menurun.

 Secara umum jamur merang memiliki ciri bentuk tubuh seperti paku patung,berwarna putih abu-abu, memiliki sifat sapofit/mengurai sisa mahluk hidup seperti tumbuhan dan lain-lain.

 Jamur ini secara luas dapat di temukan di Asia timur dan Asia tenggara baik di negara yang beriklim tropis maupun subtropis.

    5. Jamur Shitake

Tanaman Sayuran

 Jamur shitake merupakan jamur pangan asal Asia timur yang terkenal di seluruh dunia, nama Jamur shitake sendiri berasal dari bahasa jepang yang secara harfiah berarti Jamur dari pohon shii, karena batang pohon shii yang sudah lapuk merupakan tempat tumbuh jamur shitake.

 Di indonesia sendiri jamur ini di sebut dengan nama Jamur jengkol karena bentuk dan bau dari jamur ini sangat mirip dengan jengkol. jamur shitake segar ataupun kering sering di gunakan untuk berbagai macam masakan.

 di jepang sendiri jamur shitake biasanya di oah menjadi bahan tambahan/isi sup miso, di gonreng sebagai tempura, campuran cawanmushi, udon dan berbagai jenis masakan lainnya, jamur shitake juga biasanya di goreng sampai kering dan di jual sebagai keripik jamur shitake.

 jamur shitake biasanya tumbuh pada batang kayu yang sudah lapuk jamur shitake memiliki ciri batang yang berbentuk melengkung, memiliki tudung yang terbuka lebar dan memiliki bulu-bulu halus pada bagian atas tudungnya, jamur shitake sendiri biasanya berwarna coklat tua dan berwarna putih pada bagian bawah tudungnya.

 Meskipun nama dari jamur ini berbahasa jepang sebenarnya jamur shitake memiliki nama lain yaitu jamur hitam Cina karena aslinya jamur ini berasal dari negara Tiongkok dan sudah mulai di budidayakan sejak 1000 tahun yang lalu.

budidaya tanaman sayuran

    Pengertian budidaya tanaman sayur

Budi daya tanaman sayur adalah sebuah upaya untuk memproduksi memperbanyak atau mengembangbiakkan berbagai jenis tanaman sayuran untuk mendappatkan hasil panen yang nantinya bisa di, konsumsi pribadi maupun untuk dijual.

Tujuan utama dari budidaya tanman sayur sendiri adalah untuk mendapatkan tambahan bahan pangan yang kaya akan nutrisi dan gizi kemudian nantinya akan di jual untuk mendapat keuntungan dari segi ekonomi.

 Untuk budidaya tanaman sayur memiliki cara yang berbeda-beda untuk setiap kelompok dan jenis tanaman sayur, dalam membudidayakan tanaman sayur ada banyak hal yang mesti di perhatikan, seperti tanah, kebutuhan air, pupuk, dan lain-lain.

 Untuk cara budidaya tanaman sayur akan admin bahas di beberapa artikel yang akan admin buat secara terpisah, untuk meihat cara budidaya tanaman sayur yang sudah admin bahas di atas kalian bisa lanjutkan membaca dengan cara melihat arikel yang sudah admin cantumkan di bawah ini.

Budidaya sayuran daun

  • bayam
  • Kangkung
  • selada
  • sawi
  • kol

Budidaya sayuran batang

  • Pakis
  • Kalian
  • Asparagus

budidaya sayuran bunga

  • Brokoli
  • Kembang Kol
  • Kecombrang

Budidaya sayuran buah

  • Tomat
  • Cabai
  • Paprika
  • Terong
  • Labu Siam

Budidaya sayuran Umbi

  • Wortel
  • Bit
  • Lobak
  • Kentang

Budidaya sayuran Polong

  • Kacang kapri.
  • Kacang hijau
  • Kacang kedelai
  • Kacang lentil
  • Kacang buncis
  • Kacang panjang
  • Kacang bogor
  • Kacang tunggak

Budidaya sayuran Umbi lapis

  • Bawang merah
  • Bawang putih
  • Bawang bombai

Budidaya sayuran jamur (Mushroom)

  • Jamur Kuping
  • Jamur Kancing
  • Jamur Tiram
  • Jamur Merang
  • Jamur Shitake

Posting Komentar untuk "Tanaman Sayuran, Pengertian, ciri-ciri, jenis dan budidaya Tanaman Sayuran"